Apa yang harus kamu lakukan dihari - hari terakhir liburan.


Sumber foto: https://learnenglishteens.britishcouncil.org/

Hari ini masih liburan, aku ga tau ngabisin waktu buat ngapain. 
Seperti yang ada di wallpaper laptop dari Brendon Burchard gini:
“Set your agenda each day or the world will do it for you. Don’t decide on your next move based on the demands of your inbox, but on the directions of your dreams”
Hm, ga seperti aku waktu sekolah yang basednya ada tujuan hidup *ceilah*. Disini, waktu pas liburan di kampung halaman. Dengan semua kenyamanan yang ada karena aku basicnya selalu dimanja--bukan berarti diturutin maunya atau gimana gimana-- dalam konteks bahwa aku ga perlu nyuci baju, nyuci piring, dan ga mikirin bahwa aku mau makan apa hari demi hari karena udah disediain *yaiyalahya masa disuruh nyari makanan sendiri*.

Dari waktu pas sebelum liburan juga udah pengen ngetik aja, bikin bikin opini buat blog dan rencananya pengen belajar bahasa Jepang. Aku ragu sih pertamanya karena yang seperti sebelum sebelumnya--kalau mau belajar bahasa Asing--tuh suka musim musiman, mood mood-an aja gitu. Tapi bismillah aku coba deh liburan kali ini dan bener aja kesini nya langsung males. Mungkin dari lingkungan nya aja karena ga memungkinkan disini buat fokus belajar. 

Walaupun udah aku coba. Tapi, ga tau kenapa 3 minggu itu kelewat gitu aja tanpa ada menyisakan hal hal yang berubah dan perubahan yang signifikan dalam diri. Seolah olah aku dimainkan oleh permainan waktu yang aku sadar bahwa aku memainkan permainan itu. Termasuk liburan kali ini yang baru aku sadari tinggal 9 hari lagi. Jadi mari kita manfaatkan waktu-waktu yang tersisa dengan hal-hal yang bisa kamu lakukan seperti:

  • Set plan hari per harinya apa yang pengen kamu lakuin.
        Jangan terlalu berat ya guys, inget ini liburan yang cuma kamu dapetin 1 semester sekali. Karena pada akhirnya kalo kamu pengen sesuatu yang besar dan ga sama sekali kamu dapetin, mending yang kecil kecil deh supaya kamu juga fun ngerjainnya dan ga terlalu beban. Misalnya kamu belajar main alat musik, belajar bahasa, dekor kamar, belajar masak, nemuin passion kamu, lakuin hobby kamu. Manfaatkan waktu libur guys!

  • Ingat selalu pada pentingnya perubahan dalam diri
        Keluar dari zona nyaman kamu dan buat hal yang berguna. Buat hal – hal yang bersifat membangun kalau bisa menghasilkan sesuatu yang disebut karya #inisihgoalyaguys biar fikirannya jauh berkembang dan berkembang lagi. Bukannya hanya menerima dan menikmati saja, tapi kamu juga harus bisa belajar menghasilkan sebuah karya~

  • Selalu imbangin antara work hard dan have fun di hari itu 
        Misalkan kamu lagi main game ± 2 jam terus kamu nyadar nih "Oh iya aku udah ngabisin waktu buat aku bersenang-senang 2 jam dan aku sekarang harus ngabisin waktu 2 jam juga buat ngelakuin hal-hal yang bersifat move up dari zona comfort". Ini disaranin buat kamu yang ga mau ribet buat atur plan per jam kamu mau ngelakuin apa. Tapi inget ya guys kalo kamu seharian males – malesan lalu kamu bilang “Besok aku bakal ngelakuin hal-hal yang berguna dan bekerja keras” Trust me, it won’t work. Kalo cara itu bekerja juga itu bukan liburan guys, itu kerja dalam artian kalo kamu work hard. Jadi pastiin kamu tetep seimbang dan seengganya dalam hari itu kamu ada feeling bahwa ada pondasi baru yang membangun sesuatu di dalam diri kamu.
 
Yu , kita sama sama berjuang guys~ Manfaatin hari – hari terakhir kita di liburan kali ini. Jangan lupa buat plan dan pikirin apa yang mau kita ubah dalam hidup kita. 
Jangan lupa kalo kamu ga nentuin waktu apa yang kamu kerjain, maka waktu yang bakal nentuin apa yang kamu kerjain.
Keep positive thinking guys, perubahan itu sangat sangat dianjurkan apalagi bagi kita sebagai seorang muslim  Islam telah mengajarkan perubahan :
“Demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Anfal [8]: 53)
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS Ar-Ra’d [13]: 11)
Untuk lebih lanjut Al - Quran mengajarkan perubahan. Kalian bisa kunjungi websitenya: https://www.eramuslim.com/manhaj-dakwah/fikih-musyarakah/al-qur-an-mengajarkan-perubahan.htm#.WWCo7fmGPIU

Salam perubahan guys !


Komentar

  1. Hmm,, siip (y),
    Thank for motivation, :)
    Sedikit cerita ni, kalau aku untuk kali ini tidak merasakan libur semester, justru kali ini full job, dengan semua tugas-tugas dari perusahaan. Aku sering ngeluh dengan semua beban dan pekerjaan ini. Tapi guys, aku selalu ingat perkataan orang tuaku, yaitu "Manfaatkan waktu yang sedikit untuk hal-hal yang dapat membuat kamu bahagia di masa depan nanti, dan kesusksesan itu di raih, bukan di beri." dan ada lagi guys sebuah kalimat yang di lontarkan oleh salah satu rekan seperjuanganku yaitu "Hidup itu pahit, kita harus berusaha untuk menelannya karena pada waktunya hidup yang terasa pahit itu akan berubah menjadi terasa manis" mungkin itu adalah sebagian kalimat yang dapat membangkitkan aku.
    #SalamPerubahanGuys
    #SemogaItuJugaDapatMemotivasiKalian

    BalasHapus
  2. Siap makasih amel . Semoga menginspirasi pembaca lain 😊 . Apapun yang bisa dilakukan , lakukanlah selagi kamu bisa.

    BalasHapus
  3. Tambahan nih,,
    https://www.youtube.com/watch?v=Iv_ZXM9Tzj8
    kalo kalian lliat vidio ini, yakin deh , bisa bikin kita sadar lohh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Ringkasan Novel Sunda "Lain Eta" Karya Moh.Ambri

Teks Eksplanasi (Hanami)

Spektrofotometri (Hukum Lambert Beer)