Sekali Polyglot Tetap Polyglot

Sumber https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20200316/polyglot-1-7a5bccbc4a1264e6b6d1c3e5c58a945d_600x400.jpg

Dari dulu, emang udah suka banget sama bahasa asing. Ya, awalnya sih dari suka sama pelafalan dan aksennya kalo aku nonton film. 

Dari banyak negara di dunia ini, aku tertarik ke negara negara di Asia Timur. Mungkin karena banyak dari budaya budaya di negara itu yang udah familiar sama kehidupanku. Mulai SD aku udah suka lagu lagu Korea ditambah suka banget sama Doraemon, Sinchan, Conan,dkk, sampe aku juga suka denger lagu Mandarin walaupun cuman "Ni wen wo ai ni you ...”. Ya, budaya-budaya yang udah familiar gitu. Keinginan aku belajar bahasa asing itu udah ada dari SMP cuman ga ada medianya dan belum aku seriusin--andai aja kalo aku dari kecil udah dikenalin sama dunia perbahasaan ini pasti masa kecilku akan berwarna:’). 

Jadi, apa itu POLYGLOT? Nah, aku juga tadinya ga tau wkwk. Rasanya, ga pernah terlintas istilah itu di kehidupan aku.. sampe aku lagi random search karena abis nonton film Kartini. Aku jadi penasaran sama karakter kakaknya yang diperanin sama Reza Rahardian, dan ternyata beliau adalah seorang polyglot-- dimana menguasai banyak bahasa. Wuih pokonya keren banget. IDOLA!! Nah dari sana aku baru familiar sama istilah polyglot. Aku mulai search di youtube dan ternyata banyak banget orang yang udah nguasain banyak bahasa. Speechless!! Pertama yang aku buka sih ada Mba Gayatri yang waktu di acara Kick Andy. Dari sana, aku jadi termotivasi buat belajar banyak bahasa dan bisa menguasainya karena pada dasarnya lidah orang Indonesia tuh emang udah fleksibel. I’M SO PROUD OF MY INDONESIAN TOUNGE hehe.

Lalu apa itu POLYGLOT INDONESIA? Polyglot Indonesia itu http://polyglotindonesia.org/ --dibaca aja takut ga sesuai gitu kalo aku yang jelasin hehe. Singkatnya,  komunitas Polyglot Indonesia (PI) awalnya berdiri di Yogyakarta, dan sekarang udah menyebar di kota kota seluruh Indonesia. Di setiap chapter beda beda peraturannya, ada yang terbuka buat umum dan ada yang tertutup (termasuk PI Bandung yang aku ikut join disana). 

Gimana aku bisa tau sama komunitas ini? Simple, aku waktu search di youtube Polyglot Indonesia dan munculah Polyglot yang ada di tv tv. Kebanyakan sih video yang di chapter Jakarta, tapi setelah diliat lagi ada chapter yang di Bandung. YIPPIE!! Nah dari sana aku kepoin websitenya, instagramnya, dan ternyata PI Bandung lagi ngadain open member gitu buat angkatan 19-1. 

ALHAMDULILLAH!! Tapi aku ga tau punya kenalan sama komunitas PI Bandung. Aku juga bingung gimana cara tanya tanyanya karena instagram PI adanya untuk seluruh chapter. Terpikirlah aku mau nanya-nanyain tentang PI lewat websitenya aja. Waktu itu, aku nanyain sebagai anak SMK dengan latar belakang bukan asli orang Bandung tapi sekolah di Bandung. Tanya, kira kira bisa ikut komunitas PI Chapter Bandung? Jawabannya waktu itu dibales lewat email dari Kang Dikdik Koordinator PI Chapter Bandung dengan ramah banget. Btw karena nyantumin no.hp pas tanya di website, aku jadi dimasukin ke grup WA yang isinya bakal calon anggota PI 19-1 gitu. Jadi makin deg-degan!

Nah, buat pendaftaran, seleksi sampe bisa jadi gabung anggota PI Chapter Bandung itu sebenernya gampang banget. Padahal dulu aku ngeluh gitu wkwk karena emang agak lama jarak pendaftaran, pengumuman, dan ada wawancara juga. Pokoknya, aku udah negative thinking duluan deh. Takut dengan skill bahasa aku yang seadanya ini pas tar udah final malah ga masuk:’). 

Jadi karena PI Chapter Bandung ini close member makanya ada beberapa tahapan buat masuk PI Bandung, yaitu seleksi CV, seleksi wawancara, baru LTMT di Ciwidey. Semua tahapannya, so fun kok dan aku juga jadi belajar gimana bikin CV buat gabung ke komunitas (biasanya yang diajarin di SMK kan buat kerja:’)), belajar diwawancarain, sama ikut training program bahasa-bahasa asing. Waktu itu, aku bingung bikin CV pake aplikasi apa-- alhasil, udah simple cuman pake word doang wkwk, foto juga seadanya. Pokoknya yang penting jadi lah *janganditiru* dan nyantumin skill bahasa aku gimana.

Seneng banget waktu pas udah lolos seleksi CV. Nah baru deh buat seleksi wawancara. Aku ga tau harus gimana dari mulai nyiapin apa, bajunya gimana, kira kira pertanyaannya apa sampe mikir nanti kalo aku ditanya pake bahasa yang aku cantumin di CV bakal gimana. Btw, aku cantumin asingnya Bahasa Korea, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin. Hihi, udah gila sih aku wkwk padahal tiga tiganya juga masih dasar banget. Alhasil, aku cuman pasrah aja berdo’a. Semoga pas hari aku wawancara semuanya baik baik aja:’) dan alhamdulillah do’aku terkabul. 

Waktu itu yang ngewawancarain aku Kang Dikdik sama Kang Faris. Pokoknya aku ga bakal lupain moment pertama kalinya aku diwawancara-- soalnya aku jadi punya kesan baik gitu ttg wawancara, sebelumnya takut banget sama proses wawancara. Awalnya, mikir berarti masuk PI lumayan gampang ya. Tapi pas aku wawancara ada yang ngajak kenalan gitu mba mba dan ternyata udah daftar dua kali, di tahun 2018 dan 2019 (19-1 barengan aku). Katanya pas tahun 2018 dia ga keterima gara gara baru nguasain 3 bahasa (bahasa ke4nya baru mau belajar bahasa Prancis), makanya tahun ini daftar lagi. Makin panik, takut ga keterima juga. Akhirnya alhamdulillah, aku keterima. 

Pas aku masuk PI, minder banget karena rasanya semua yang udah gabung PI tuh luar biasa banget, rasanya aku hanya butiran debu. Aku ngerasa insecure sama kakak-kakak yang kuliahnya di sastra bahasa luar negeri atau emang karena mereka udah lebih lama belajar bahasanya dibanding aku yang baru-baru ini dan selalu ga serius. Sering banget aku bilang ke kakak-kakaknya kalo aku emang ga bisa ngapa-ngapain. Tapi disana mereka selalu welcome bilang “Kamu harusnya bangga udah masuk sini, santai aja kita juga masih belajar”--meskipun dalam artian start belajar kaka kaka sama aku beda:').

Dengan segala keinsecure-anku. Jadilah aku berangkat ke Ciwidey untuk tahap final penerimaan member PI Bandung 19-1. Selama perjalanan, aku cuman diem dengerin orang orang yang bicara tentang ini itu dan gimana pengalaman kalo berangkat atau kerja di luar negeri. Setelah di Ciwidey karena bosen diem diem mulu, mulailah kenalan sama semua anggota PI angkatan 19-1. Didukung sama gamenya yang asik banget aku jadi ga kepikiran lagi buat minder sama skil bahasa aku yang minim:’)

Sampai akhirnya... ada game keliling keliling untuk nyari ttd dipos-pos bahasa yang seru banget karena itu semacam pembuktian kalo kita anak polyglot. Tapi ya skill bahasa aku udah diambil alih sama kakak kakak yang udah jago banget level max gitu. Aku rasanya kaya daging yang tak berguna disamping mereka:’). Tapi moment yang aku bakalan inget terus adalah aku bisa jawab pertanyaan di pos bahasa Arab dan bahasa Thailand--ternyata aku berguna juga buat kelompok hehe. 

Kenapa aku bisa jawab? Kalo bahasa Arab, dulu waktu kecil pas madrasah pernah diajarin basic basicnya dan bahasa Thailand karena aku banyak temen orang Thailand--yang suka ngajarin dikit dikit. Salah satunya P'Praew, Kop kun ka p' hehe. Setidaknya aku masih berguna dikit lah ya, waktu di pos 3 bahasa yang aku sebutin tadi juga aku sebenernya ngerti dikit dikit, tapi lebih jago kaka kaka di kelompokku--jadi udahlah. Pengalaman ini juga yang buat aku mikir kalo skillku berbahasa asing cuman dasar dasarnya, harusnya satu aja gapapa tapi langsung ahli. But, who can judge we can be a real polyglot in the future? Oke, aku semangat dan terus semangat buat stay with this AMAZING PEOPLE at PI Chapter Bandung.

Moment yang buat aku merinding sih waktu acara penyambutan anggota PI 19-1 di Bandung Creative Hub karena acanya keren banget. Aku ngerasa bahwa perjuangan aku udah terbayarkan dan saatnya aku milih bahasa (kelompoknya disebut laskar) yang bakal aku pelajarin satu semester ini. Aku milih lah laskar Korea karena 한국어 (bahasa korea) karena udah jadi makanan sehari hari aku, dari playlist music Korea semua dan nonton variety show Korea. Jadi aku mikirnya bakal lebih gampang belajarnya soalnya udah sepaket sama keseharian aku. 

Gabung laskar Korea itu something special. Aku jadi banyak kenalan dan banyak juga bahasan bahasan yang selama ini kayanya cuman aku doang yang tau. Sekarang bisa dengerin hal hal yang relate sama tontonan aku sehari hari. Belajar bahasa Koreanya pun dari awal banget, aku udah bisa buat baca hangeul (huruf Korea) tapi selama ini ada yang salah dengan pemahaman aku. Jadilah aku belajar lagi bahasa Korea yang bener bener. Btw, di akhir taun 2018 dan awal tahun 2019 sebenernya aku lagi serius belajar bahasa Mandarin cuman klo aku terapin lagi di Laskar Mandarin I think I'll be bored karena ga familiar di keseharian aku. 

Banyak pengalaman yang bisa aku dapetin di PI khususnya laskar yang udah menaungi aku BIG THANKS TO HASNA SSAEM & RIDHO SSAEM, tak lupa juga buat Anne Eonni yang selalu bareng kalo udah malem, berasa punya kaka beneran:’). Buat semua teteh teteh dan akang akang di Laskar Korea, you’re so amazing :’). Aku ga bakal bisa lupain kenangan itu.. I must say good bye to all of you hehe karena aku ga tinggal di Bandung lagi dan sekarang stay di Purwokerto.

Sekali Polyglot tetap Polyglot. Aku ga bakal berhenti mencintai dunia bahasa. Pin I’M A POLYGLOT dan pin Speak up dari LTMT 19-1 Ciwidey juga masih aku tengteng-in dengan bangganya ditas aku. Kadang orang orang juga nanya apa itu Polyglot atau sekadar aku jadiin bahan obrolan buat ngenalin Polyglot ke orang orang. Karena aku percaya bahwa orang Indonesia itu udah jadi Polyglot dengan keberagaman bahasa, jadi kenapa engga kita kembangin ragam budaya bahasa kita buat jadi sesuatu yang lebih berharga.


Komentar

Popular Posts

Ringkasan Novel Sunda "Lain Eta" Karya Moh.Ambri

Teks Eksplanasi (Hanami)

Spektrofotometri (Hukum Lambert Beer)