Belajar hidup dari "Game"

 
Sumber foto:

Cara terbaik untuk ngabisin waktu seharian, ngelatih konsentrasi, ngambis dalam setiap quest biar bisa dapet achievement adalah bermain game. Dari dulu game itu bener bener jadi kegiatan yang paling refreshing. Ya, seperti cewek cewek lain pada umumnya. Aku lebih suka permainan dengan genre simulasi dibanding action kaya cowok. Bahkan main GTA (Grand Theft Auto)pun, aku ga bisa sama sekali dan pusing ngegerakinnya. Aku tumbuh jadi pencinta game simulasi yang selalu terhormat dan menyenangkan kalo bisa mainin game dari Game House di komputer yang punya ikon kecil kecil.

Beranjak dewasa, aku tumbuh jadi pecinta game-game dari Game House. Ga semua Game House sih, semuanya aku suka. Tapi ya semacam ada label yang ngikutin, makanya aku selalu percaya kalo game keluaran Game House pasti seru. Waktu SD karena ga punya komputer/laptop, kalo bibi pulang kampung aku selalu main Pizza Frenzy, Fish Frenzy, dan yang paling favorit adalah Diner Dash. 

Kalo game Diner Dash sih, tantangannya di level saat mau mencapai ke restoran ke-4. Kecepatan tangan sebagai pelayan di restoran bener bener diuji. Soalnya pelanggan pelanggan Diner Dash emang kejam, sebentar diabaikan langsung pergi. Waktu itu di komputernya sepupu, aku bisa buka restoran ke-4 gitu (lupa lupa inget). Hm, pencapaian luar biasa karena susah banget buat anak berumur 10 tahunan. Atau memang beneran susah? Achievement kaya gitu, bener bener jadi reward banget buat aku. Hal yang bikin aku senyum senyum sendiri. Walaupun akhirnya game itupun bakal ga ada, tapi bakal jadi kenangan terindah. DINER DASH, I LOVE YOU, MISS YOU!

Waktu SMP, aku selalu download game simulasi terbaru atau cuman tukeran game sama temen temen. Aku juga kenal satu game yang agak cool. Soalnya waktu kecil aku sering liat kakak sepupu suka banget mainin game itu. Yap, namanya Battle Realms. Jenis game nya tuh Real Time Strategy, pokoknya seru banget. Nanti, kalo ada kesempatan aku download lagi game itu :’)).

Sekarang mainannya beda lagi, I REALLY LOVE THE SIMS! Temen temen yang mulanya ngenalin game ini. Pertama dikasih THE SIMS 1. Tapi sayangnya, aku bukan tipe orang yang seneng bangun rumah di THE SIMS, terbukti dari denah rumah aku yang selalu ngaco. Oh iya, tantangan di THE SIMS 1 itu kalo si sims nya udah punya bayi dan bayi itu gak dijaga, nanti bakal dibawa polisi. Bayinya itu selalu aja rewel sampai si sims nya kecapean karena harus kerja, ngurusin rumah, dan harus jaga bayi. Tips aku sih si sims nya mending keluar dari kerjaan dulu atau buat aja satu sims yang suka ada di rumah. Dari sini aku juga belajar, bahwa gedein bayi tuh ga gampang :’)

Entah kapan mulanya, lupa kalo ga salah waktu kelas 2 SMK. Temen aku punya THE SIMS 4. Jadi hampir semua anak kelas pada minta gamenya. Di THE SIMS 4 yang sampai sekarang masih favorit. Aku ngerasa banyak banget pelajaran hidup yang bisa didapetin. Buat aku pribadi, main the sims sebenernya ngajarin hidup sendiri. Terlepas aku yang ambis, selalu pengen dapet achievement di setiap career goals-nya atau sekedar banyakin keahlian si Sims itu. Dari pekerjaan detective, doctor, dan scientist yang harus sabar ngikutin kegiatannya di tempat kerja, ngejaga mood mereka dan tubuhnya yang harus selalu fit sampai kalo pengen dipromosiin harus pandai bergaul di tempat kerja.

Capaian dari career goals kalo udah sampai di tahap maksimal. Simsnya bakal bisa beli ruang kerja proffesional untuk di rumahnya. Nah, capaian itulah yang selalu bikin aku ambis. Kalo untuk pekerjaan, banyak banget bisa dipilih sama si sims nya. Dari satu pekerjaan aja, mereka masing masing punya 2 cabang spesifik keahlian, kecuali dari pekerjaan sebagai detective, doctor , dan scientist. Aku pengen di satu rumah itu, secara turun temurun dan beranak pinak mereka sukses mencapai career goals (semua ruangan kerjanya bisa kebeli). Di THE SIMS kalo aku udah beli ruang kerja--dimana si sims biasanya udah pada tua-- aku pajang foto mereka biar jadi kenang-kenangan--karena mereka bentar lagi die. Aku juga pajang foto mereka di satu ruangan dimana ruangan itu cuman buat nyimpen foto dan abu jenazah nya. Jenis pekerjaan di THE SIMS 4 yang bisa ga kita urusin (ga ke tempat kerja) jadi Criminal, Painter, Writer, Secret Agent, Entertainer, Business, Athlete, Culinary, Tech Guru, dan Astronaut.

Setiap dipromosiin, sims bakal naik gaji. Kegiatan “kerja”an di rumah harus dilakuin sebelum kerja dan dia harus punya skill baru buat dipromosiin lagi (biasanya aku bangun skill ini dihari mereka ga kerja). Untuk mendukung pencapaian sims, aku selalu search tips tips gimana dia biar cepet dipromosiin. Contohnya, pas aku mainin sims yang jadi doctor dia harus bisa mendiagnosis apa yang jadi penyakit pasiennya. 

Kalo sims yang jadi pasien ada bintang bintangnya di kepala berarti dia bisa kena Starry Eyes atau Triple Threat. Pemain bisa ngetest pasiennya dengan serangkaian test nanti juga hasil akhirnya tuh bakal mempersempit jawaban yang kita udah duga. Keliatan ribet sih, tapi jalanin aja. Just don’t cheating! Karena itu bakal merusak esensi dari main game sendiri. Dulu aku pernah nge-cheat cuman buat naikin uangnya doang, waktu bangun rumah pertama kalinya . Habis itu, udah ga pernah lagi hehe.

Dulu aku ga seambis ini main game simulasi. Tapi, semakin dijalanin, ternyata banyak manfaatnya juga. Disini aku belajar buat ngatur waktu, di tiap sims mereka harus selalu nyari refreshing-- biar nanti full bar fun nya, bersosialisasi-- kalo ngga ntar dia sedih (feeling lonely) dan bakal ngaruh banget ke kinerja dia), makan dan tidur yang cukup, mandi dan pup sebagaimana manusia pada umumnya whaha.

Sims ini tuh suka inisiatif sendiri, kalo aku ga gerakin dia buat hal hal yang penting. Mereka pasti cari kesenangan kaya main game atau cuman napping. Sebenernya kesel banget kalo udah napping karena sleep barnya tuh terisinya lama, secara dia cuman nap bukan sleep. Ya, seperti layaknya manusia asli yang hobbynya tuh males malesan. 

Kalo dia inisiatif sendiri mau itu cuman nyiram taneman, skill gardening dia pasti tumbuh, masak buat keluarga skill cooking dia bakal tumbuh. 

Hal hal sepele itulah yang akhirnya bikin aku nyadar ternyata apapun yang dilakukan orang ga bakal sia sia. Contohnya ini aja kalo aku jadi sims pasti sekarang aku lagi diposisi bar skill writing aku lagi bertambah dikit dikit. Itulah yang aku maksud belajar hidup dari game.
Satu lagi hal yang bener bener jadi pelajaran banget adalah Sims City. Emang ya, aku udah dibudakin banget sama EA Games rasanya:’). Gimana ngga jatuh cinta sama Sims City, game ini tuh bener bener bangun skill kita biar bisa bangun kota dengan bener. Tadinya sih aku ga ngerti sama sekali esensi dari main game ini, makanya dulu aku cuman bangun jalan,perumahan,toko sama pabrik aja. Paling paling mentok ngatur ngatur fasilitas warganya itupun kalo mereka protes.

Mulai dari iseng iseng dan pengen tau apa fungsinya tombol tombol yang banyak dan pengen tau gimana caranya ningkatin pendapatan kota. Aku iseng iseng liat sumber daya alamnya. Awalnya ga tau apa itu coal, mine, oil sampe aku sadar bahwa cara kerja game ini tuh beneran kaya dunia nyata. Dari sana aku mulai seriusin main game ini, dari gagal karena bangun tempat wisata seenaknya sedangkan transportasi aja belum dibangun (sampai sekarang aku udah bisa bikin satu negara dari satu kota yang ngembangin kota yang lain dengan berbeda beda tujuan). 

Jadi, bagi kalian yang kesini  pengen tau dengan pengalaman main Sims City. Emang sih game ini udah lama banget, tapi game ini tuh bener bener asyik dan bikin pikiran kita jadi rasional. Minimal kalo lagi ngomongin infrastruktur di debat debat, ngerti lah ya gimana bangunan harus bagus tuh. Sudut pandang game ini yaitu kita jadi walikota yang ngatur mulai dari pembangunan, ekonomi, dan fasilitas kota. Semua itu buat kesejahteraan warganya dan kebaikan kota--yang sebenernya kota tuh tumbuh dari aspirasi masyarakat masyarakatnya. Tergantung gimana kita sebagai wali kota, mau sombong sombongan ngatur kota yang kita aja ga tau gimana ngurusnya atau dengerin aspirasi masyarakat yang perlahan memaksimalkan potensi kotanya karena kita sebagai pemain bisa belajar dari mereka.

Jadi, here we go. Tips tips buat main game Sims City :

1. Kalian bakal milih tipe kota yang kalian bakal bikin. Itu terserah sih karena tiap daerah mau itu pegunungan, gurun, ataupun kepulauan tantangannya semua sama. Aku cuman bisa saranin biar ngelatih gimana cara ngebangun kota yang baik, kita mulai sama yang punya sumber daya alam yang gede dan transportasinya memadai (dari mulai pelabuhan dan rel kereta).

2. Bangun jalan yang low budget, cari arah angin, dan tandai titik titik dimana sumber daya alam itu berada. 

  • Bangun perumahan di tempat angin datang dan bangun pabrik diarah angin keluar ke kota lain.
  • Bangun listrik dari batu bara atau dari minyak (meskipun ini ga terlalu disaranin soalnya berpolusi tinggi makanya harus dijauhin dari warga dan sesuaikan dengan arah angin). Kenapa hal ini dipilih? Hal ini akan jauh lebih efektif, tahan lama dan energi listrik yang digunakanpun besar. 
  • Untuk saluran pembuangan  limbah gunain dulu yang biasa (bangun ini baiknya disekitar pabrik aja soalnya tanah yang dikelola biasanya rusak dan efek negatifnya warga bakal banyak yang ke RS) baru nanti kalo ekonomi udah membaik dan udah ada departement pembuangan baru bisa olah limbah. 
  • Hal itu berlaku juga buat pembuangan sampah, satu kali beli pembuangan sampah itu nanti disediain satu lahan dan nanti sampah bakal ditumpuk disana dan ga baik juga buat lingkungan makanya langsung bangun aja cerobong buat bakar semua sampah (hati hati polusi ke warga makanya cari arah angin yang arah ke luar). Usahain bangun tempat belanja di deket deket perumahan (logikanya biar banyak yang belanja) untuk pertama kali ngebangun jangan terlalu banyak pabriknya , perbanyak lah perumahan (tapi jangan banyak banget soalnya kalo terlalu banyak warga juga nanti harus nyediain lapangan pekerjaan) dan jangan pula terlalu banyak tempat belanja karena nanti harus banyak pabrik juga. Untuk permulaan dimulai lah dengan hal-hal yang kecil dulu , tetaplah dengerin aspirasi warga dan guide dari game.

3. Setelah ekonomi membaik, segera perbaiki jalan agar ekonomi bertumbuh. Bertahap aja, jangan yang terlalu bagus. Pajak yang ditetapkan awal dari 10% naikin aja sampai 12%, kalo warganya ga keberatan. Terlihat warga yang keberatan kalo nanti banyak rumah yang harus di buldozer—artinya warga pindah hehe.

Kenapa pajak yang ditetapkan harus besar? Ya namanya juga lagi bangun kota. Infrastruktur buat fasilitas wargapun harus memadai, dari mulai bangun pemadam kebaran, polisi, rumah sakit, dan sekolah mulai dari SD sampai perguruan tinggi yang nanti bakal banyak banget penilitian penilitiannya dan berguna juga buat kita di masa depan:’)

4.  Balik ke pengelolaan sumber daya alam, kalo udah nentuin di titik mana aja bakal ngolah sumber daya alam itu sebaiknya begitu ekonomi udah membaik langsung aja bangun infrastruktur buat ngolah biji mentah, batu bara, dan minyak.

Bisa dikembangin lagi nantinya bangun pabrik smelting untuk ngehasilin logam dan alloy. Alloy dan plastik bisa digabungin jadi processor untuk pengembangan minyak.

Minyak bisa diolah menjadi bahan bakar(bensin) dan plastik. Semakin diolah bahannya maka akan semakin mahal nilai jualnya. Setelah produksi banyak, bisa dijual dari gudang tempat ekspor impor untuk bantuin ekonomi kota (sejauh aku main the sims baru bisa sampai jual processor, kedepannya harus sampai bisa bikin tv dan komputer).

Nah, sampah sampah bekas industri ini bisa manfaatin lagi dengan recycle bahan bahan pabrik. Hasilnya bisa nambahin stok buat diekspor seperti bahan bahan plastik, alloy, dan logam.

5. Untuk bangun sarana hiburan dari mulai lapangan konser, patung, dan tempat hiburan lainnya yang mengundang banyak turis. Sebelumnya harus disiapin juga transportasi yang memadai. Jangan lupa polisi yang harus patroli dimana mana (karena kriminal datang saat tempat itu rame).

Dari tadi ngomongin the sims sampai sedetail itu, aku pikir mungkin ga ada juga yang bakal ngelakuin hal yang sama. Tapi aku ambil positifnya untuk jadiin logika aja apa yang aku pelajarin dari main game. Serunya kaya gimana, banyak orang yang mikir ngapain main game sampai berjam jam. Hm, kalo urusan ini tergantung si orangnya itu sendiri sih karena game juga sebenernya buat refreshing jadi cukup bentar aja. Cuman, berhubung aku orang yang suka banget di rumah dan ga tau harus ngapain apalagi di situasi sekarang yang nunggu wisuda dan pengumuman masuk kuliah. Hal kaya gini bikin aku seneng sih. Seengganya aku jadi tau tata letak kota yang baik tuh kaya gimana, kenapa harus gini dan gitu.

Just enjoy playing video games aja temen temen, asal jangan berlebihan ya. Kalo ada yang tertarik buat diskusi aku open diskusi di komentar ya atau kalo pengen nanya nanya lebih jelas tentang game game yang tadi aku rekomendasiin. DM aja di ig @annisamislam. Terima kasih telah membaca^^


Komentar

Popular Posts

Ringkasan Novel Sunda "Lain Eta" Karya Moh.Ambri

Teks Eksplanasi (Hanami)

Spektrofotometri (Hukum Lambert Beer)