Keluar dari rencana !

Sumber: pesantren.id

Rasanya liburan lima minggu ?
Itu bikin cape haha. Tapi nyenengin juga karena bener-bener nge-istirahat-in diri. 

Lima minggu itu waktu yang bener bener lama dan karena ya biasanya cuman dua minggu. Awalnya aku niatin liburan ini buat se-produktif mungkin karena banyak plan yang harus aku kejar. Biar nanti pas sekolah tinggal lanjutin aja dan biasanya kan kalo liburan suka amnesia-amnesiaan sama pelajaran. Nah aku pikir, kenapa ngga aku belajar dikit dikit biar ga amnesia banget? Karena basicnya aku bukan siswa yang terlalu pintar mengingat hal-hal yang sudah lama tanpa aku baca lagi materi-nya. 

Walaupun ya akhirnya memang ekspektasi, realitanya? Aku masih belajar bahasa Jepang–perkara ini dari tahun kemarin ga ada beres beres. Again, emang harus diakui bahwa aku tidak berbakat menguasai secara resmi, runtut, dan amazing things to learn language. Permasalahan aku dibahasa selalu tentang grammar dan vocabulary. Dua hal itu yang buat susah dan memusingkan karena mungkin basicnya bukan bahasa sehari-hari. Makanya aku tetep stuck, cuman tahu huruf hurufnya aja. 

Aku penah coba buat lanjutin bab-bab selanjutnya. Ternyata tetep ga bisa, why? Karena pembahasan bab selanjutnya adalah grammar dan vocab dari bab sebelumnya-- yang berarti aku udah lupa lagi jadi mau lanjutin bab selanjutnya itu sama dengan mengulang semuanya. Yup, itulah kenapa belajar bahasa Jepang selalu ada diagenda, meskipun hanya membiasakan belajar di bab-bab yang sudah aku kuasai.

Rasanya aku udah cukup nyerah buat belajar dengan "sungguh sungguh". Ya, cuman belajar biasa aja yang ga terlalu dipaksakan banget. Soalnya, kalo udah ketemu dipelajaran *nanti pas masuk sekolah kelas 4 yeyy*, perlahan mood sungguh sungguh itu dateng ko karena bahasa Jepang ada di mata pelajaran kelas 4. Ya, seengganya aku udah tahu basicnya lah hehe. Walaupun, aku ga sama sekali buka buku pelajaran produktif yang udah aku bawa jauh-jauh dari Bandung ke Ciamis. Miris ya? Bentar, aku punya pengalaman yang asik juga buat diceritain di 5 minggu libur ini.

Kalo waktu lebih dari satu minggu itu, rasanya cukup deh buat ngescan lingkungan sekitar. Yup, jadi setelah aku males belajar things. Jadi, kenapa engga? buat aku nyobain hal baru yang ngga aku bisa lakuin di Bandung. Hal-hal kaya nikmatin suasana rumah, suasana hometown yang bener bener ga aku nikmatin lagi sehari-hari. Ya kurang lebih kaya “Koala kumal”. Kalo menurut teorinya Bang Radit, aku kaya koala yang balik lagi ke rumahnya tapi rumahnya udah beda, ga sama kaya dulu. Ya intinya gitu deh pokonya hehe. 

Boro-boro ngerasain bedanya lingkungan sekitar rumah, bagi aku yang pulangnya ±6 bulan sekali. Suasana rumah aja udah beda,  jauh dari ekspektasi. Mungki karena pemikiran aku udah beda kali ya? Atau karena liburannya terlalu lama? Hm, kalo liburan dua minggu itu ga kerasa banget suasana rumah yang bener bener di rumah seharian gitu karena biasanya aku main sama temen.Ya gitu aja paling seharian, di rumahnya satu minggu-an itupun kebagi-bagi sama nginep di rumah nenek atau saudara.

Jadi aku bentuk beberapa misi, kurang lebih:
  • Bantu orang tua aku seharian *karena aku biasanya jarang banget bantu kalo ga disuruh wkwk ga inisiatif istilahnya*  [MISSION COMPLETED]
  • Aku seharian males-malesan cuman tidur doang kerjaanya [MISSION COMPLETED]
  • Aku main game *the sims* seharian [MISSION COMPLETED]
  • Aku gangguin adek sampe dia risih banget [MISSION COMPLETED]
  • Biasanya di rumah orang tua, suka gabung gitu sama ibu-ibu lainnya sambil ngomongin apa atau sambil nonton acara tv sambil ngomentarin juga aku ikut-ikutaan [MISSION COMPLETED]
  • Aku seharian curhat sama mamah *hm keknya itu tiap hari dilakuin deh kalo dirumah* [MISSION COMPLETED]
  • Aku ikut nenek ke sawah terus dapetin feel gimana sih bedanya kota sama desa [MISSION COMPLETED]
  • Aku ikut ke rumah buyut aku terus berusaha buat interaktif sama buyutnya *soalnya kalo di keluarga aku tipe pendiam pemirsaah* [MISSION COMPLETED]
  • Aku bikin makanan apapun yang aku mau  *karena dengan memasak masakan sendiri itu yang paling the best* rasanya tiap hari juga deh masakin kadang-kadang gitu lahh [MISSION COMPLETED]
  • I ate new fruit waaw *apa ayo?* Sawo mentega, tapi ga diabisin karena rasanya aneh aneh gimana gitu wkwk [MISSION COMPLETED]
  • Aku seminggu ga nemu internet karena sinyalnya yang aduhai [MISSION COMPLETED] lol seriusan aku saat itu ga pegang hape sama sekali paling laptop aja sama remote tv. 
  • Yup, aku juga nonton apa yang sering ditonton nenek-kakek aku tanpa aku ga mau ngeganggu mereka nonton channel kesayangan mereka yaitu nonton acara dangdut. Waw kegiatan yang keknya first time dilakuin [MISSION COMPLETED]
  • Hmm basically I like driving motorcycle with high speed *hahahaha* dan aku belajar banyak tentang salip menyalip rasanya beban tu ilang ya dan kita cuman fokus ke jalan. Sekalinya ngelamun ketinggalan deh [MISSION COMPLETED]
  • Aku ke tempat-tempat yang dulu aku (SD/SMP) datengin dan rasanya banyak banget yang beda hmm :) I felt so missed at the moment [MISSION COMPLETED]
  • Oiya aku ketemu sama temen aku dan rasanya tuh bener bener gali ilmu baru dan itu sih yang bikin aku inspiring banget nget soalnya dia nyeritain jurusannya dengan detail sampai rasanya aku dapetin banyak ilmu. Aku juga sharing ke dia ttg jurusan aku. Waah ini sih yang paling epic bikin aku ketagihan kalo liat orang dengan ilmu baru kayanya aku harus ketemu sama orang yang kaya gini nih. It's refresh my mind so much^^ [MISSION COMPLETED].
Jadi kesimpulannya adalah yang tertera di salah satu post-an instagram aku “I have been fight in a hard way at another city, so I’ll give my body take a rest in my hometown”. Sebenernya ga jenuh sih, ngerjain apa yang aku lakuin di Bandung. Cuman I feel like I’m alone without family . Paham lah ya, kalo anak rantau apalagi akhir-akhir kelas 3 emang lagi masa masa sibuk dan menentukan. 

Dari liburan semester 1, pas tahun barupun aku sebenernya ga nikmatin liburan aku. Soalnya ngejar materi-materi buat bahan UN. Aku sudah bosaan dengan buku-buku SPM =)) tapi Alhamdulill. ah jadi kebayar perjuangan dan aku bisa ngukir senyum indah di diri aku sendiri dan orang tua aku.

Emang sih di liburan ini, keluar dari rencana aku buat ngejar – ngejar semuanya yang aku udah rencanain sebelumnya, but it’s life nis you only live once dan nikmati itu. Asal jangan berlebihan aja,tetep ada porsinya :). Oh iyaa , semangat SBMPTN tahun depan. Selamat mengejar PTN impian – anggap aja harus lewatin satu batu lagi setelah kamu udah ngelewatin batu yang satunya :) Keep fighting dirikuu.
Belajarlah dari masa lalu bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil :)

Komentar

Popular Posts

Ringkasan Novel Sunda "Lain Eta" Karya Moh.Ambri

Teks Eksplanasi (Hanami)

Spektrofotometri (Hukum Lambert Beer)