Sendirian

Sumber: https://i.pinimg.com/

Buat orang Introvert kaya aku, yang ga ada masalah apa-apa dengan kesendirian. 
It’s really okay. Because being alone it’s not feel lonely like you’re think about

Dulu, kemana mana itu harus ditemenin. Aku masih inget, hari dimana aku ga dianter lagi ke sekolah dan pulang sendirian. Rasanya kaya nemu moment dan keberanian baru gitu. 

Makin gede, harusnya makin banyak temen buat bareng kemana-mana. Tapi rasanya 'pertemanan' itu malah buat aku ribet banget karena segala hal harus barengan bla bla bla. Mungkin aku ga cocok aja sama hal yang apa-apa harus sama sama. Salah satu faktornya, mungkin karena aku yang pemalu waktu SD. Temen temenku kalo mau main/kerkom/sekolah temen aku pasti bilang “Nis, kesini aja ya”. Kata-kata itu do-nya adalah aku harus melewati sekerumunan orang dan paling ngga harus nyapa. Kalo ngga, ya diomongin/diliatin/diacuhin. Ya, hal-hal yang kaya gitu lah. Jadi bikin males aja gitu buat harus bareng sama orang. Dulu juga emang ga cocok aja sama pergaulannya. Sering kali aku lebih nyaman sendiri karena ga ribet aja gitu. But at some point, emang ga semuanya sendirian juga sih.

Pas SMP, orang orang mulai mempertanyakan kenapa aku selalu sendiri. Mungkin terlihat aneh. Misalkan mau beli apa harus bareng. Walaupun beda jadwal, harus saling nunggu. Karena aku ngerasa buang waktu, dengan saling nunggu jadi “Ya udahlah sendiri aja, ribet banget.” Hal itu kebawa emang sampe sekarang. 

Dulu, lagi jamannya suka ngewifi di sekolah karena nungguin download-an yang lama banget. Malah ga tau kalo gerbang sekolah udah di kunci. Teriak juga ga bisa karena udah ga ada siapa siapa. Alhasil, manjat pagar sekolah. Alhamdulillah, waktu itu pake celana olahraga. Pengen nangis sih sebenernya, ga ada temen mana kejebak di sekolah lagi. Tapi setelah aku manjat pagar itu, aku ngerasa puas dan malah ketawa – ketawa sendiri aja. Ga nyangka sama apa yang aku lakuin, hihi.

Pas SMK, fix emang semuanya dilakuin sendiri. Ya karena hidup sendiri sebagai anak rantau. But, you know what? Kesendirian itu banyak banget manfaatnya. Apa lagi dengan lingkungan baru dan keluar dari zona nyaman. Dalam kesendirian itu aku jadi pemberani dan belajar berinteraksi dengan orang-orang. Don't forget to small talk, walaupun ya basic-nya bukan aku banget. Weird things buat ngehadepin itu, bikin aku ngerasa hidup banget. Karena sebelumnya bersembunyi dibalik orang tua untyk bersosialisasi.

Oh iya, kemarin-kemarin ada hal yang lucu juga sih tentang sendirian ini. 

Jadi gini, aku tuh pengen banget main ke Perpustakaan Jawa Barat (Bapusipda) karena emang kebetulan deket. Jadi pengen aja, nyobain sekali – kali main. Nah karena temen aku ga ada yang bisa ikut. Ya udah deh, aku putusin aja ke sana sendirian.

Waktu pas dijalan, rasanya kaya aku doang yang sendirian kesana. Orang lain pada berkelompok gitu. Karena ga tau gimana peraturan masuk ke Bapusipda. Jadinya malah liatin orang aja sama nanya daftar jadi member tuh dimana. Waktu itu, dikasih tau lah dilantai 3. Cuman, aku ga ngeliat ada lift. Tadinya malah muter-muter aja nyari eskalator/tangga keatas. Tapi, pas muter-muter itu, ada ruangan gitu diatasnya tertulis “Panggung inohong” (Panggung orang orang besar--yang berjasa, yang terkenal).

Karena penasaran. Aku masuklah. Mba-nya tanya “Sendirian?”, “Iya” jawab aku sambil liatin ini ruang apa. Dalam hati bilang "Apakah ini jalan buat ke perpus nya?". Setelah masuk, emang semuanya tuh bagus banget. Di bagian tengahnya, gelap gitu. Karena sendirian, kok jadinya malah serem dan buru-buru keluar. Pas keluar, malah makin bingung. Akhirnya, aku diem dan liat ada lift. 

Dalam hati "Oh jadi pake lift ya". Aku naik lift lah. Di lift, ada mba mba yang tanya “Bukannya ga boleh pake tas ya?”, “Oh gitu ya mba? Tapi aku mau daftar, berkasnya disini.” Sambil nunjuk tas. “Waktu itu juga saya ga pake tas ko, pas daftar.” Disana aku cuman celengak celinguk, mana liftnya udah nyampe lagi. Aku cuman bisa berdo’a, biar ga ditegur lagi karena ga tau aturan di bapusipda gimana. Sesampainya di lantai 3, ga bisa daftar karena ga ada pas foto. Alhasil, jadi baca baca aja dan aku harus simpen tasnya. 

Pas mau simpen tas. Malah ditegur juga sama penjaga nya, katanya “De, dari tadi kaya orang kebingungan. Kalo mau kesini, nanti lagi banyak nanya. Tadi ngapain ke atas bawa bawa tas?”,“Mau daftar pak, ga tau soalnya pak. Tadi udah nanya kok pak.”, “Lain kali banyak nanya!” disana perasaan awkward banget malah jadi pengen pulang. Tapi setelah aku pikir-pikir kalo aku pulang.. dan seandainya aku ga jadi ke sini, aku ga bakal dapet pengalaman ini. Sekarang diinget-inget juga malah lucu aja gitu, haha. 

Hal-hal kaya gini, ga kejadian satu-dua kali. Waktu pas aku ke ITB juga pernah nyari nyari Gedung Kimia buat ikut acara Open House. Yup, sendirian.. ga tau malu. Ya, pasang aja muka yang tebel, kan banyak banyakin nanya kata Bapak Satpam Bapusipda juga hehe. Tuh kan ada aja yang bikin hidup itu bener bener indah :).

Some people still see that being alone, it’s a weird thing.
You can know me, as a weird girl who face the problem alone.
Tapi aku percaya, manusia itu adalah makhluk sosial. Cuman ya, kadang kala kita harus bisa lebih berani untuk ngadepin semuanya sendiri, apalagi keluar dari zona nyaman. Dalam memutuskan masalahpun aku juga gitu. Aku selalu percaya dengan prinsipku dan pilihanku sendiri. Walaupun beda sama orang lain karena kalo emang salah ya tinggal dibenerin kan. Hal yang indah itu bukan membahagiakan orang lain dengan mengikuti prinsipnya, tapi dengan membahagiakan diri sendiri dengan mengikuti prinsip kita (apa kata hati kita). 

Some people still saw me that I’m a weird girl. But it’s okay karena mereka ga tau dengan kesendirian in, dengan teguh pada prinsip, dan dengan semua perasaan yang amburadul menghadapi berbagai masalah membuat diri lebih percaya dengan apa yang bisa dilakukan. Disaat sebelumnya, ga kepikiran buat menjadi berani.  Kesendirian itu bukan menjadi ansos (anti sosial), tapi sendiri itu dimana kita mejadi lebih mandiri menghadapi berbagai kenyataan itu sendiri. Mau itu sedih atau seneng ya udah dilewatin aja. Hal-hak itu ngebuat berbagai kemungkinan terjadi dan menjadi bumbu penambah rasa yang amat manis dalam hidup. Selamat menjadi pemberani :) !

Komentar

Popular Posts

Ringkasan Novel Sunda "Lain Eta" Karya Moh.Ambri

Teks Eksplanasi (Hanami)

Spektrofotometri (Hukum Lambert Beer)